Persyaratan, Teknis, dan Kriteria Penilaian Lomba ISAC12 (Ralat)

 

“ISLAMIC STUDENT ART COMPETITION”

ISAC 12

 

By :

Sie Kerohanian Islam

SMA Negeri 1 Sidoarjo

fix.jpg

 

 

 

 

 

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A   I S A C  1 2

 


SYARAT dan KETENTUAN UMUM

L O M B A   I S A C   1 2

 

  1. Peserta adalah siswa SMA/SMK/Aliyah/sederajat di daerah Jawa Timur
  2. Peserta sedang duduk di kelas X, XI, dan XII
  3. Peserta tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari 1 cabang lomba
  4. Peserta pernah maupun  tidak pernah menjuarai lomba  tingkat  kabupaten /kota, provinsi,  dan nasional  boleh mengikuti perlombaan. (Juara 1, 2, dan 3)
  5. Untuk lomba tim wajib 1 sekolah
  6. Peserta wajib menyerahkan beberapa dokumen penting diantaranya:
  • 1 lembar surat delegasi dari sekolah
  • 3 lembar fotokopi Kartu Identitas (Kartu Tanda Pelajar/ lainnya)
  • 2 buah Foto berukuran 3×4 berwarna (diberi identitas nama dibalik foto).
  • Jika tidak tersedia surat delegasi dari sekolah maka dapat menyerahkan fotokopi daftar riwayat hidup atau fotokopi rapot sekolah (2 lembar).
  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran dan dimasukkan ke stofmap beserta dokumen-dokumen penting (bertuliskan Identitas peserta menggunakan nama lengkap / tim dan cabang lomba yang diikuti) dikumpulkan kepada panitia, tempat pendaftaran offline yaitu Sekretariat SKI Smanisda di SMAN 1 Sidoarjo. Untuk pendaftaran online, silahkan menuju ke halaman http://smanisdaski.wordpress.com dan ikuti prosedur yang ada.
  2. Terdapat quota percabang lomba dengan biaya pendaftaran sebagai berikut:
Cabang Lomba Quota Biaya pendaftaran
1. Banjari 35 tim @ 1 tim 10 orang Rp.100.000
2. MTQ 50@ 1 orang Rp. 35.000
3. CCI 80@ 1 tim 3 orang Rp. 90.000
4. Da’i 50@ 1orang Rp. 35.000
5. Kaligrafi 50@ 1 orang Rp. 35.000
6. Scrapbook Islami 20@ 1 tim 3 orang Rp. 60.000
7 Nasyid 30 @ 1 tim 5 orang Rp. 80.000
  1. Peserta wajib menaati peraturan, syarat, dan teknis lomba ISAC12 dan percabang lomba yang diikuti
  2. Peserta maupun pendamping diharap untuk tidak merokok di area lomba.
  3. Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2016 – 24 April 2016
  4. Technical Meeting akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2016 .
  5. Setiap sekolah/ tim mengirimkan max. 2 orang perwakilanya untuk TM.

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A  B A N J A R I

  1. Setiap sekolah tidak dibatasi pengiriman jumlah tim
  2. Setiap tim terdiri dari 8-10 orang
  3. Biaya pendaftaran Rp. 100.000,- tim
  4. Peserta membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu bebas
  5. Lagu wajib yang dibawakan adalah
  • Maula ya shalli
  1. Setiap grup wajib membawa alat banjari sendiri
  2. Tidak diperkenankan memakai alat musik modern (gitar, keyboard, ketipung, dll)
  3. Peserta wajib memakai busana muslim (sopan dan santun) atau seragam tim
  4. Waktu penampilan max. 10 menit (dengan persiapan 2 menit)
  5. Kelebihan / kurang waktu diperhitungkan saat penilaian
  6. Nomor untuk urutan tampil, diundi saat TM
  7. Perwakilan TM max. 2 orang persekolah atau per tim
  8. Apabila ada pergantian peserta, harus memberikan persyaratan untuk peserta pengganti saat registrasi ulang.
  9. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

 

 

SYARAT  dan  KETENTUAN

L O M B A  C C I

  1. Setiap sekolah tidak dibatasi dalam jumlah pengiriman tim.
  2. Setiap tim terdiri dari 3 orang dari sekolah yang sama.
  3. Satu grup harus satu gender (3 orang ikhwan/ 3 orang akhwat).
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp 90.000,- / tim.
  5. Perlombaan dibagi menjadi 3 babak; penyisihan, semifinal dan final.
  6. Peserta wajib membawa alat tulis sendiri (pensil 2B dan penghapus).
  7. Tidak diperkenankan bekerjasama dengan tim lain atau dengan tim lain dalam 1 sekolah saat perlombaan berlangsung.
  8. Peserta wajib memakai busana muslim (sopan dan santun) atau seragam masing-masing tim.
  9. Waktu pengerjaan babak penyisihan adalah 120 menit.
  10. Perwakialan setiap sekolah wajib menghadiri TM ( max.2 orang)
  11. Materi lomba :
  12. Sumber hukum Islam
  13. Zakat, haji, umrah, wakaf
  14. Sifat terpuji dan tercela
  15. Dakwah nabi Muhammad di Mekkah dan Madinah
  16. Rukun iman
  17. Hukum jual beli
  18. Perkembangan Islam
  19. Penyelenggaraan jenazah, dakwah dan khotbah
  20. Munakahat
  21. Hukum waris Islam
  22. Pengetahuan umum Islam
  23. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A   D A ‘ I

  1. Setiap sekolah tidak dibatasi pengiriman peserta.
  2. Biaya pendaftaran Rp 35.000/orang,
  3. Peserta menyampaikan materi yang temanya ditentukan panitia dan akan diundi saat pendaftaran (untuk pendaftaran online, tema akan diundi panitia dan diberitaukan via SMS & Email kepada peserta)
  4. Adapun tema yang akan diundi adalah :
  5. 1) Menyikapi dakwah radikal.
    2) “LGBT. Keputusan atau takdir”
    3) islamkan hidupmu. Islamkan teknologimu
    4) Narkoba, neraka dunia. Narkoba ,dunia neraka
    5) Terorisme, jihad modern ?
  1. Peserta berpakaian muslim ketika tampil
  2. Peserta mengumpulkan naskah saat registrasi ulang
  3. Peserta tidak diperkenankan untuk membawa naskah ataupun catatan saat tampil
  4. Waktu penampilan minimal 5 menit dan maksimal 7 menit.
  5. Jika peserta berhenti saat lampu masih hijau akan dilakukan pengurangan nilai
  6. Kelebihan waktu menjadi pengurangan poin untuk penilaian. Undian tampil diambil saat TM (peserta yang tidak hadir TM akan diundi oleh panitia dan diberitaukan via SMS & Email)
  7. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A   M T Q

  1. Setiap sekolah tidak diatasi pengiriman jumlah setiap peserta.
  2. Biaya pendaftaran 35.000 per org. (quota : 50 peserta)
  3. Ayat surat yang dibawakan saat lomba bebas.
  4. Bacaan diawali dan dikhiri dengan lagu bayati
  5. Peserta membawa Al-Qur’an sendiri saat perlombaan berlangsung.
  6. Berpakaian muslim dan rapi ketika tampil.
  7. Waktu untuk penampilan maksimal 7 menit. Peserta akan diberi waktu 1 menit untuk persiapan.
  8. Kelebihan /kurang waktu akan diperhitungkan saat penilaian
  9. Undian urutan tampil diambil saat technical meeting ,Perwakilan TM setiap peserta max 2 orang
  10. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A   K A L I G R A F I

  1. Setiap sekolah tidak dibatasi dalam jumlah pengiriman peserta.
  2. Kuota peserta lomba kaligrafi adalah 50 peserta.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp 35000,-/ individu.
  4. Peserta membuat kaligrafi seindah dan sekreatif mungkin.
  5. Ayat ditentukan oleh panitia dan akan diumumkan pada hari pelaksanaan. Adapun clue yang diberikan adalah seputar bulan Sya’ban.
  6.  Peserta membawa peralatan masing-masing. Air, mangkok plastik, dan kertas gambar A3 disediakan oleh panitia.
  7. Tidak diperkenankan membawa contoh kaligrafi ketika perlombaan.
  8. Berpakaian muslim dan rapi ketika lomba.
  9. Waktu maksimal pengerjaan 4 jam (sudah termasuk persiapan).
  10. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

 

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A  S C R A P B O O K 

I S L A M I

  1. 1 tim maksimal 3 personal, hanya saja cukup perwakilan max. 2 orang untuk mempersentasikan di depan juri.
  2. Biaya pendaftaran Rp 60.000/tim.
  3. Pesesrta bebas membuat scrapbook islami seindah dan sekreatif mungkin.
  4. Tema scrapbook diundi pada saat pendaftaran (untuk pendaftaran online, tema diundi oleh panitia).

Adapun tema yang disediakan adalah sebagai berikut:

  • Ramadhan
  • Enlighten islam with your ultimate talent
  • Menjauhi Narkoba
  • Bukti Kebesaran Allah di muka bumi
  • Isra’ Mi’raj
  1. Waktu pembuatan adalah bebas, yaitu setelah peserta mendaftar dan mendapatkan temanya. Waktu merangkai scrapbook pada saat hari H.
  2. Pada saat hari H, setiap tim hanya diperbolehkan mengirim 2 perwakilannya untuk mempersentasikan Hasil Karyanya dihadapan juri.
  3. Waktu maksimal untuk mempersentasikan masing-masing karya adalah 5 menit.
  4. Perwakilan Setiap sekolah wajib menghadiri TM (max. 2 orang).
  5. Karya tang diikutsertakan dalam Srapbook Competition berbentuk scrapbook berisi tulisan dan gambar sesuai dengan tema dengan syarat:
  • Minimal 2 halaman berukuran A4 (per karya), dengan dimensi bebas:
  • Menyertakan cerita pendek mengenai tema yang berlaku pada karyanya:
  • Menyertakan 1 logo ISAC 12, satu logo SKI SMAN1SDA, logo SMAN1SDA
  • Karya harus dibuat menggunakan tema berdasarkan 5 opsi yang telah tersedia dari panitia
  1. Karya dan Materi yang diikutsertakan tidak mengandung unsur kekerasan, pelecehan, pornografi, dan tidak menyinggung SARA
  2. Karya dan materi yang diikutsertakan tidak boleh melanggar hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual milik pihak manapun juga (termasukhak cipta dan hak milik) artinya scrapnook harus merupakan asli ciptaan milik dan ide sendiri
  3. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

 

 

 

 

SYARAT dan KETENTUAN

L O M B A  N A S Y I D

  1. Peserta adalah perwakilan dari SMA/SMK/MA kelas X/XI/XII se-Jawa Timur
  2. Setiap sekolah tidak dibatasi dalam jumlah pengiriman peserta
  3. Peserta berpakaian muslim bebas atau memakai seragam tim nya sendiri. Harus memakai pakaian yang sopan, tidak ketat dan menerawang.
  4. Setiap tim minimal 3 orang, maksimal 7 orang (boleh terdiri dari perempuan dan laki-laki, atau campuran)
  5. Peserta diwajibkan membawa kartu pelajar asli atau surat rekomendasi dari sekolah, jika tidak, maka peserta dilarang naik kepanggung dan tampil.
  6. Waktu Penampilan max 13 menit waktu bersih(Persiapan termasuk cek sound, yel-yel, lagu wajib, lagu bebas)
  7. Undian tampil diambil saat TM
  8. Peserta yang tidak hadir TM akan diundi dan diberitahukan via sms atau email oleh panitia
  9. Pergantian anggota tim hanya boleh dilakukan maksimal 3 hari sebelum perlombaan karena akan mempengaruhi Sertifikat
  10. Peserta tampil sesuai dengan nomor urut dan lagu yang akan ditampilkan
  11. Panitia akan memanggil nama dan asal sekolah maksimal sebanyak 3 kali, jika tidak segera hadir maka akan dilanjutkan oleh peserta urutan berikutnya. Peserta yang terlambat dapat tampil setelah urutan terakhir (peserta yang telat hadir akan dikurangi nilai adab)
  12. Peraturan dapat berubah sewaktu – waktu hingga technical meeting

 

TEKNIS

L O M B A   I S A C  1 2

 


 

TEKNIS UMUM

L O M B A   I S A C   1 2

  1. Peserta wajib melakukan registrasi yang dilaksanakan mulai pukul 06.00 sampai pukul 07.45
  2. Peserta wajib mengikuti acara pembukaan di lapangan SMAN 1 Sidoarjo pukul 07.45
  3. Setelah pembukaan peserta menuju ke lokasi lomba yang telah ditentukan.
  4. Pelaksanaan lomba dan instruksi lomba akan dipimpin oleh koordinator masing – masing
  5. Peserta wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia.
  6. Peserta diperbolehkan membawa supporter. (Tetap menjaga kebersihan dan keamanan, tidak membuat gaduh, tidak merokok di lingkungan sekolah)
  7. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  8. Pengumuman pemenang lomba, penyerahan trophy dan hadiah akan dilakukan pada saat penutupan.
  9. Sertifikat akan langsung diberikan setelah peserta keluar dari panggung atau ruang lomba.
  10. Sebelum berkompetisi akan diadakan pengecekan Kartu Tanda Pelajar untuk tiap peserta di tiap area lomba, Untuk itu diwajibkan untuk membawa Kartu Tanda Pelajar asli.

 

NB: Peserta berpakaian busana muslim yang sopan (akhwat wajib memakai jilbab)

 

TEKNIS

L O M B A  B A N J A R I

  1. Setelah acara pembukaan peserta langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan panitia,
  2. Peserta maju sesuai nomor urut yang telah diundi saat TM
  3. Sebelum memulai penampilan, akan diadakan pengecekan Kartu Tanda Pelajar asli di Backstage.
  4. Setelah melakukan persiapan, peserta langsung memulai penampilan yang dipandu oleh MC.
  5. Peserta membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu bebas
  6. Lagu wajib yang dibawakan adalah
  • Maula ya shalli
  1. Waktu maksimal penampilan setiap grup adalah 12 menit (persiapan 2 menit dan penampilan 10 menit), dengan ketentuan :
  • Hijau : Penampilan dimulai
  • Kuning : Penampilan telah berjalan 10 menit
  • Merah : Waktu penampilan telah habis
  1. Kelebihan waktu akan diperhitungkan dalam penilaian.
  2. Apabila ada kesamaan nilai, maka akan diprioritaskan dari urutan seperti tercantum pada kriteria penilaian.
  3. Panitia akan memanggil nama grup dan asal sekolah maksimal sebanyak 3 kali. Jika tidak segera hadir, maka akan dilanjutkan dengan peserta urutan selanjutnya. Peserta yang terlambat dapat tampil setelah urutan terakhir.

 

TEKNIS

L O M B A  C C I

 

BABAK PENYISIHAN

  • Setelah acara pembukaan, peserta langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan panitia, yaitu ruang kelas X SMA Negeri 1 Sidoarjo.
  • Peserta menempati bangku sesuai nomor peserta.
  • Peserta mengerjakan 100 soal multiple choice di Lembar Jawaban Komputer (wajib menggunakan pensil 2B dan penghapus).
  • Sebelum memulai pengerjaan soal, maka akan diadakan pengecekan Kartu Tanda Pelajar asli.
  • Waktu pengerjaan soal adalah 120 menit.
  • Tidak ada tambahan waktu bagi peserta yang datang terlambat.
  • Peserta hanya diperbolehkan bekerjasama dalam 1 tim dan dilarang meminta bantuan dari tim lain, pembina, dll dengan alasan apapun.
  • Peserta yang ketahuan melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.
  • Jawaban benar (4), salah (-1), tidak dijawab (0) maka point maksimal 4
  • Pengumuman nilai babak penyisihan akan dilakukan selambat lambatnya 2 X 60 menit setelah babak penyisihan selesai.
  • Dilarang menggunakan alat bantu apapun saat mengerjakan.(Handphone dan sejenisnya)

 

 

BABAK SEMIFINAL

  • Peserta yang berhak melaju ke babak semifinal adalah sembilan tim dengan nilai tertinggi pada babak penyisihan.
  • Ke-sembilan tim ini akan dibagi menjadi tiga kloter yakni kloter 1, 2, dan 3 yang masing-masing terdiri dari tiga tim.
  • Pada babak ini peserta harus menjawab beberapa pertanyaan dengan memutari pos-pos yang terdapat di lingkungan SMAN 1 Sidoarjo.
  • Model pertanyaan pada setiap babak berbeda-beda.
  • Pos 1 : pertanyaan tersebar di pos tersebut. Setiap tim harus mengambil 1 pertanyaan yang kemudian dibawa ke meja masing-masing tim untuk dikerjakan bersama. Untuk bisa mengambil pertanyaan yang lain, peserta harus mengembalikan pertanyaan sebelumnya ke tempat semula. Peserta diberikan waktu 15 menit untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kertas yang sudah disediakan. Kloter bermain dalam satu ruangan.
  • Pos 2 : fast question, peserta diberikan 10 pertanyaan dan diberikan 15 detik untuk menjawab setiap pertanyaan. Masing-masing tim dalam 1 kloter bermain di ruangan yang berbeda.
  • Pos 3 : lining question, setiap tim berbaris dan diberikan pertanyaan per orang (per orang 3 pertanyaan) lalu anggota yang sebelumnya sudah mendapat pertanyaan mundur. Setiap pertanyaan diberikan waktu 10 detik. Masing-masing tim dalam 1 kloter bermain di ruangan yang berbeda.
  • Penilaian setiap babak berbeda-beda.
  • Pos 1 : benar (5), salah (-1), kosong (0)
  • Pos 2: benar (2), salah (0), kosong (0)
  • Pos 3: benar (4), salah (-1), kosong/pass (0)

 

 

BABAK FINAL

  • Tim yang berhak maju ke babak final adalah 3 tim dengan perolehan nilai tertinggi pada babak semifinal.
  • Dalam babak final terdapat 3 sesi pertanyaan yang disajikan dalam bentuk slide power point berjumlah :
    • Sesi jawab (Setiap tim berhak memilih 3 buah pertanyaan yang hanya boleh didiskusikan dalam satu grup, Pertanyaan ini tidak akan dilempar ke tim lain) dengan point benar (10) salah (0) tidak menjawab (0) dengan jumlah 9 soal.
    • Sesi lempar (Setiap tim akan diberikan 3 soal yang harus dijawab, Apabila tim pertama tidak dapat menjawab, maka pertanyaan akan dilempar pada tim lain dengan menekan bel. Tim baru boleh menjawab setelah diperkenankan MC) dengan jumlah total yaitu 9 soal, menjawab soal awal dengan benar (10) salah (0) tidak menjawab (0), menjawab soal terlempar dengan benar point (10) salah (0)
    • Sesi adu cepat (Soal berjumlah 10 buah yang akan dibacakan oleh MC, Setiap kelompok berkesempatan menjawab dengan menekan bel dan baru boleh menjawab setelah MC mempersilakan, Jika jawaban salah, pertanyaan dianggap hangus) dengan point benar (10), salah (-5).
  • Setiap soal pada sesi jawab dan sesi lempar memiliki waktu berdurasi 10 detik untuk dijawab.
  • Jenis soal bisa mengenai perhitungan maupun analisa soal. Apabila soal hitungan, panitia akan membagikan kertas buram di awal babak final.
  • Terdapat beberapa soal berbahasa Inggris sebagai tantangan saat sesi jawab, sesi lempar maupun sesi adu cepat pada babak final.
  • Terdapat babak Golden Answer jika didapati tim dengan jumlah nilai yang sama di akhir babak final. Pertanyaan akan dibacakan oleh MC. Setiap kelompok berkesempatan menjawab dengan menekan bel dan baru boleh menjawab setelah MC mempersilakan. Jika jawaban salah, pertanyaan dianggap hangus dan akan diberikan pertanyaan berikutnya, jika jawaban benar maka tim yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar maka tim tersebut langsung memenangkan babak Golden Answer.

 

TEKNIS

L O M B A   D A ‘ I

  1. Setelah acara pembukaan peserta langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu ruang media SMAN 1 SIDOARJO.
  2. Peserta maju sesuai nomor urut yang diundi saat TM.
  3. Peserta menyampaikan materi sesuai dengan yang sudah diundi saat pendaftaran.
  4. Waktu minimal penampilan adalah 5 menit dan waktu maksimal penampilan adalah 7 menit. Peserta akan diberi petunjuk waktu dengan 3 lampu, yaitu:
  • Hijau : Penampilan dimulai. Peserta tidak boleh berhenti ketika lampu masih hijau
  • Kuning : Penampilan telah berjalan 5 menit. Peserta boleh berhenti
  • Merah : Waktu penampilan telah habis. Peserta wajib berhenti
  1. Jika peserta berhenti saat lampu masih hijau akan dilakukan pengurangan nilai
  2. Kelebihan waktu akan diperhitungkan dalam penilaian
  3. Apabila ada kesamaan nilai pada lomba, maka akan diprioritaskan dari urutan seperti tercantum pada kriteria penilaian.
  4. Panitia akan memanggil nama dan asal sekolah maksimal 3 kali. Jika tidak juga hadir maka akan dilanjutkan ke urutan berikutnya. Peserta yang terlambat dapat tampil setelah urutan terakhir.

 

TEKNIS

L O M B A   M T Q

  1. Setelah acara pembukaan, peserta lomba langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan panitia, yaitu masjid Al-ikhlas SMA Negeri 1 Sidoarjo.
  2. Peserta maju sesuai nomer urut yang diundi saat technical meeting.
  3. Peserta wajib memasuki masjid 10 menit sebelum dimulai
  4. Peserta melatunkan ayat suci Al-Qur’an (maqro dan ayat bebas)
  5. Waktu maksimal pembacaan adalah 7 menit. Peserta akan diberi petunjuk dengan 3 lampu (hijau, kuning, dan merah) :
  • Hijau : pembacaan dimulai
  • Kuning : pembacaan telah berjalan 6 menit
  • Merah : waktu pembacaan telah habis
  1. Jika maqro yang dibacakan belum selesai ketika waktu telah habis, maka peserta melanjutkan bacaan hingga waqof
  2. Kelebihan waktu akan diperhitungkan dalam penilaian
  3. Apabila ada kesamaan nilai saat lomba, maka akan diprioritaskan dari urutan seperti tercantum pada kriteria penilaian.
  4. Panitia akan memanggil nomer urut peserta maksimal 3 kali. Jika tidak hadir, maka akan dilanjutkan keurutan seanjutnya.
  5. Peserta yang satang terlambat dapat tampil di urutan terakhir dengan pengurangan nilai.

 

TEKNIS

L O M B A   K A L I G R A F I

  1. Setelah acara pembukaan, peserta langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan panitia, yaitu di kelas yang disediakan panitia, lalu memilih lotre untuk menentukan pepatah arab,
  2. Peserta menempati tempat yang sudah disediakan sesuai nomor peserta.
  3. Setelah melakukan persiapan, peserta langsung mengerjakan kaligrafi dipandu oleh panitia.
  4. Peserta membawa peralatan gambar sendiri,
  5. Kertas gambar yang dipakai adalah ukuran A3
  6. Kertas Gambar A3, air, dan mangkok plastik disediakan oleh panitia.
  7. Peserta tidak diperbolehkan membawa contoh gambar saat perlombaan.
  8. Waktu pengerjaan adalah 4 jam (termasuk persiapan 10 menit)
  9. Tidak ada tambahan waktu bagi peserta yang terlambat datang.
  10. Apabila ada kesamaan nilai pada lomba, maka akan diprioritaskan dari urutan seperti tercantum pada kriteria penilaian.

 

TEKNIS

L O M B A  S C R A P B O O K 

I S L A M I

 

  1. Setelah acara pembukaan peserta langsung bersiap di lokasi lomba yang telah ditentukan panitia, yaitu di kelas yang disediakan oleh panitia.
  2. Peserta menempati tempat yang sudah disediakan sesuai nomor peserta.
  3. Akan diadakan pengecheckan kartu pelajar asli pada setiap peserta sebelum waktu pengerjaan dimulai.
  4. Setelah melakukan persiapan, peserta langsung mengerjakan dengan tahapan-tahapan :
    1. Tahap Penyeleksian Karya

Karya harus memenuhi syarat yang berlaku, apabila belum maka panitia memberikan waktu finishing untuk membetulkan dan menambahkan agar lolos penyeleksian karya

  1. Tahap Finishing 1 jam

Panitia menyediakan waktu 1 jam untuk semua peserta sampai benar-benar memuhi persyaratan

  1. Tahap Presentasi

Semua karya akan diletakkan di meja dekat juri lalu menunggu giliran presentasi sesuai nomer undian. Cukup 2 perwakilan dari tim yang akan presentasi. Waktu maksimal untuk mempersentasikan masing-masing karya adalah 5 menit. Setiap masing – masing tim harus membuat yel yel sebelum persentasi.

  1. Apabila ada kesamaan nilai pada lomba, maka akan diprioritaskan dari urutan seperti tercantum pada kriteria penilaian.

 

TEKNIS

L O M B A  N A S Y I D

 

  1. Setiap sekolah tidak dibatasi dalam jumlah pengiriman peserta
  2. Nasyid yang dibawakan boleh dalam bentuk acapella atau acoustic

untuk acoustic harus membawa alat sendiri

  • Gitar akustik
  • Kajon
  • Harmonika
  1. Setiap tim minimal 3 orang, maksimal 7 orang (boleh terdiri dari perempuan dan laki-laki) dan merupakan perwakilan dari sekolah
  2. Peserta membawa 1 buah lagu wajib, 1 buah yel yel bertema ISAC 12 dan 1 buah lagu bebas
  3. Pilihan lagu wajib yang akan dibawakan :
    1. Voca Farabi – ABC
    2. Raihan – Demi Masa
    3. Maher Zain – Always Be There
    (pilihan lagu wajib, peserta bebas ,memilih salah satu)
  4. Lirik lagu bebas wajib disetorkan, terakhir disetorkan saat registrasi ulang
  5. Waktu Penampilan max 13 menit waktu bersih(Persiapan termasuk check sound, yel – yel, lagu wajib dan lagu bebas)
  6. Undian tampil , dan pengacakan lagu wajib diambil saat TM
  7. Dalam perlombaan ini, pihak panita akan menyediakan mikrofon 7 buah
  8. Pemenang ditentukan sesuai hasil penilaian juri dengan mengambil 3 peserta terbaik sebagai best team
    – juara 1
    – juara 2
    – juara 3
  9. Apabila ada kesamaan poin, maka akan ditentukan sesuai nilai vocal tertinggi
  10. Keputusan juri tak dapat diganggu gugat
  11. Peserta akan diberi petunjuk waktu dengan 3 lampu dengan ketentuan ;
  • Lampu Kuning pertama : Persiapan
  • Lampu Hijau : Penampilan dimulai
  • Lampu kuning kedua: Penampilan telah berjalan 10 menit
  • Merah : waktu penampilan telah habis
  1. Jika peserta tampil melebihi waktu maka akan dilakukan pengurangan nilai adab

 

 

 

 

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A   I S A C  1 2

 


 

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A  B A N J A R I

  1. Keindahan vokal, irama, lagu
  2. Keserasian Backing Vokal
  3. Kreativitas
  4. Keserasian tabuhan
  5. Adat dan kerapian

 

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A   D A ‘ I

  1. Penguasaan Materi
  2. Isi Materi
  3. Kreativitas Penyampaian
  4. Suara
  5. Adab
  6. Ketepatan Waktu

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A   M T Q

  1. Fashahah
  2. Tajwid
  3. Irama dan lagu
  4. Suara
  5. Adab

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A   K A L I G R A F I

  1. Kebenaran Kaidah Khot
  2. Kreativitas
  3. Keindahan
  4. Kerapian dan Kebersihan
  5. Ketepatan Waktu

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A  S C R A P B O O K 

I S L A M I

  1. Originalitas karya
  2. Estetika tampilan
  3. Kesesuaian isi dengan tema
  4. Kerapian dan kreativitas
  5. Hasil Presentasi menjelaskan konsep karya
  6. Kekompakkan

KRITERIA PENILAIAN

L O M B A  N A S Y I D

  1. Vocal meliputi :
  • Harmonisasi
  • Aransemen
  • Tempo
  • Intonasi
  • Artikulasi
    1. Adab meliputi :
    • Ekspresi
    • Kostum
    • Kesantunan
    • Koreo

 

 

 

 

 

 

CONTACT ISAC 12

 

Cp:

Ketua Pelaksana                 : 0838-3362-9297

CP 1                                         : 0838-5475-6876

CP 2                                         : 0813-5735-9419

 

Web:

smanisdaski.wordpress.com

Twitter:

@smanisdaski

Facebook:

ski smanisda

2 comments on “Persyaratan, Teknis, dan Kriteria Penilaian Lomba ISAC12 (Ralat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s