Liburan Penuh Makna

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh, sobat!

Alhamdulillah, setelah satu semester ini kita menuntut ilmu di sekolah dan menjalani UAS, akhirnya tibalah waktunya untuk berlibur. Jauh-jauh hari kita sudah merencanakan liburan yang menyenangkan. Apalagi saat kita memutuskan untuk bepergian ke luar kota, tentu sangat mengasyikkan karena bisa melupakan kepenatan yang kita alami selama sekolah. Tak lupa berbagi oleh-oleh dengan teman-teman dong, hehe…

Perjalanan yang menyenangkan bukan menjadi halangan untuk semakin dekat dengan Allah Swt. Selama perjalanan, kita disuguhkan indahnya pemandangan alam yang terhampar luas. Saat waktunya bersenang-senang itu tiba, kita menikmati waktu yang telah Allah berikan untuk bersantai sejenak dari penatnya beban. Hal yang seperti itu harus kita syukuri, betapa luasnya karunia Allah kepada kita, maupun apa yang ada di alam semesta ini.

Liburan bukanlah suatu hambatan bagi kita untuk tetap melaksanakan ibadah seperti biasa. Mungkin saja ada dari kita yang melakukan perjalanan jauh selama beberapa lama, hal itu juga bukan menjadi alasan bagi kita untuk ‘absen’ melakukan ibadah.

Diambil dari buku “The Jilbab Traveler” karya Asma Nadia, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan dan terus diistiqomahkan dalam beribadah, baik dalam liburan maupun perjalanan.

  • Manfaatkan waktu selama menunggu, baik di kendaraan maupun tempat dimana kita berlibur untuk berdzikir. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi sedetik kemudian, maka alangkah indahnya bila kita tetap mengingat Allah sambil melantunan dzikir.
  • Usahakan shalat tepat waktu, dalam perjalanan kita bisa menjama’ qashar. Namun bila ada di suatu tempat, jangan ragu untuk beribadah lebih awal. Jangan sungkan dengan orang yang berbeda keyakinan, saat kita berada bersama mereka dalam satu tempat. Hal itu bukan menjadi alasan untuk meninggalkan shalat.
  • Supaya waktu shalat aman, rencanakan perjalanan. Kita harus bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk berpergian atau mengunjungi suatu tempat, sehingga dipastikan kita bisa shalat dengan aman dan nyaman. Bawa pula perlengkapan shalat seperti mukenah dan sajadah saku. Dimanapun dan kapanpun, kita bisa shalat dengan mudah.
  • Tetap shalat Dhuha.
  • Tetap shalat Tahajud.
  • Tetap membaca Al Qur’an kecil yang kita bawa.
  • Jangan pernah meninggalkan shalat apapun alasannya. Walaupun baju basah, terkena najis, atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, shalat sebisamu. Biar Allah yang memutuskan diterimanya amalmu.
  • Tetap tenang saat masalah datang. Ingat, Allah senantiasa memberi jalan keluar jika kita selalu mengingat-Nya.
  • Tambahan nih: tetap memakai busana muslim yang syar’I ya! Khususnya buat wanita, tetep kerudung dan roknya dijaga, atau celana yang longgar. Insya Allah kalau sudah terbiasa gak bakal ribet.

Semoga Allah selalu menjadikan kita sebagai hamba yang bersyukur dan senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun. Aamiin.

Selamat menikmati liburan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s