Israel Berencana Kurangi Pasokan Listrik buat Palestina

Israel harus mempertimbangkan untuk pengurangan pasokan listrik ke Jalur Gaza musim panas ini jika Israel mengalami kekurangan daya, Menteri Lingkungan Israel Gilad Erdan mengatakan.

Erdan, anggota Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dari partai sayap kanan Likud, telah mengajukan proposal dalam sebuah surat kepada perdana menteri, yang dijadwalkan untuk dibahas masalah tersebut dalam rapat kabinet hari Minggu.

“Jika ada kekurangan listrik di Israel musim panas ini, pasokan listrik ke Jalur Gaza harus dihentikan. Listril di Gaza mewakili 4,5 persen dari produksi Israel,” kata surat itu.

“Produksi Listrik akan kurang dari permintaan musim panas ini,” tambah Erdan, dalam sebuah wawancara dengan radio militer Israel pada hari Minggu kemarin (13/5).

“Kami melihat menggunakan metode produksi yang telah ada lebih banyak menghasilkan polusi dan diharapkan sumber energi alternatif yaitu tenaga surya tapi kami masih mungkin melakukan pemadaman listrik.”

“Jika kami berada dalam situasi tersebut bahwa akan masuk akal bagi Israel untuk menjadi yang pertama terpengaruh, sementara pada saat yang sama kami terus menyediakan listrik ke Gaza, padahal mereka tidak membayar,” katanya, mengacu pada keterlambatan pembayaran oleh otoritas Palestina untuk 120 megawatt Listrik yang dipasok Israel ke jalur Gaza.

Fawzi Barhum, jurubicara gerakan Islam Hamas yang mengontrol Gaza, mengatakan ancaman Erdan merupakan wajah sesungguhnya dari pendudukan israel.

“Apa yang diperlukan dari negara-negara Arab, dan Mesir khususnya, adalah penciptaan jaringan keselamatan bagi Arab Mesir untuk warga Gaza sebagai alat menekan Zionis,” tambahnya.

Pembangkit energi Israel sangat tergantung pada pasokan gas alam dari Mesir, yang telah terputus beberapa kali sejak revolusi tahun lalu.(eramuslim.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s