Ucapkan Selamat Datang untuk Penghuni Rak Perpus Kitaaaa…

Assalamualaikum Wr Wb😀

Waaah.. di SKI ada yang lagi hepi niih, sapa lagi kalo bukan anak-anak takmir kita. gimana enggak, orang waktu pengkajian antar sekolah kemaren (hehe, artikel tentang progja ini menyusul kemudian) ada bazaar buku dan merka langsung borong~! ==” kayak orang ndak makan selama 3 hari, mereka langsung kesetanan karena banyak buku bagus🙂 (sori ya kawan2 takmir).. Ini bu takmir kita Riska Amalia telah menulis sekilas sinopsos daro ‘keluarga baru’ Perpus Al-Ikhlas🙂

1. Muhasabah Cinta ( Rafif Amir Ahnaf )

Cinta adalah sebuah ketulusan. Adalah sebuah lukisan jiwa yang membuat kita mengerti akan makna memberi, membagi. Cinta bukanlah bualan yang sering diumbar para perjaka pada pacar barunya yang entah keberapa. Cinta hanyalah milik orang-orang yang memiliki kebeningan hati untuk tidak pernah mengharapkan suatu dari perasaannya terhadap yang ia cintai.

Cinta adalah cahaya, yang dengannya manusia ada. Cinta adalah pesona yang menggerakan, yang dengannya seorang ibu rela berjuang antara hidup dan mati. Cinta adalah kekuatan, yang dengannya mujahid-mujahidah agung perkasa dalam laga. Cinta adalah fitrah insani yang ditiupkan Rabb pemilik arsy sejak dalam sulbi. Ketika sang calon bayi berkata, “Bala syahidna”, sesaat itulah ikrar cinta pertama terjadi.

Asal tahu, buku ini adalah karangan dari Rafif Amir Ahnaf yang kemaren menjadi pembicara Pengkajian Antar Sekolah kitaaa~!

2. 9 Summers 10 Autumns ( Iwan Setyawan )

Di kaki Gunung Panderman, di rumah berukuran 6 x 7 meter, seorang anak laki-laki bermimpi. Kelak, ia akan membangun kamar di rumah mungilnya. Hidup bertujuh dengan segala sesuatu yang terbatas, membuat ia bahkan tak memiliki kamar sendiri. Bapaknya, sopir angkot yang tak bisa mengingat tanggal lahirnya. Sementara ibunya, tidak tamat Sekolah Dasar.Dengan kegigihan, anak Kota Apel dapat bekerja di The Big Apple, New York.Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi dan menghadirkan seseorang yang membawanya menengok kembali ke masa lalu. Dan pada akhirnya, cinta keluargalah yang menyelamatkan semuanya.

3. Ketika Mas Gagah Pergi ( Helvy Tiana Rosa )

Gita selalu bangga pada abangnya yang ia panggil Mas Gagah. Namun suatu hari Mas Gagah berubah! Berubah pula semua kehidupan Gita. Dan ketika kemudian Mas Gagah pergi, apa yang terjadi dengan Gita? Siapa Nadia Hayuningtyas dan lelaki berkemeja kotak-kotak yang selalu Gita lihat di dalam bus, kereta api dan di berbagai tempat itu? Dan mengapa lelaki itu mengingatkannya pada Mas Gagah?

4. Oasis Hati ( Saridah Hamid )

Amat layak dibaca oleh remaja putri yang ingin mencari jati diri, memulai hidup, serta kaum ibu yang ingin memberikan kasih kepada keluarganya. Untuk kaum Adam , jangan mau ketinggalan untuk menyimak buku ini agar lebih mengerti dan menghargai perempuan. Serta untuk kaum Hawa, Lembut bukan berarti lemah, menangis bukan berarti kalah !

5. Ustadz, Saya Sudah di Surga ( Mohamad Guntur Romli )

Kumpulan tulisan dari Moh G Romli, sebuah kajian Islam yang cerdas. Penulis ingin membuktikan bahwa Islam adalah agama pembawa kedamaian.

6. Secarik Kain di Kepalaku ( Enno El-Khairity)

Secarik kain di kepala? Ya, itulah jilbab, salah satu perlengkapan busana wanita muslim. Namun, tidak semua wanita muslim memakainya. Banyak menarik untuk disimak kala mereka menggunakannya, berbagai tantangan dan hambatan menghadang kala mereka bertekad untuk mulai memakainya, dan tentu saja banyak hikmah yang bisa didapat dari menjalankan perintah Allah itu. Jilbab sang PeragawatiAmatir,Jilbab Membawa Berkah, Jilbab sang Dugem, Insyafnya si Ratu Gosip, Anak Geng Insyaf, Seniorku Ganteng Sekaleee…, Aku Manusia KW3, Jilbab dan Alergi…. Semua kisah nyata tang sehari-hari sering kita temui… inspiratif, dan enak dibaca…..

7. Sarifah ( Dul Abdul Rahman )

Barra Tobarani, Lahajji, Sallasa, dan Mattorang terus mempertahankan tanah dari pihak perkebunan PT Lonsum yang didukung pemerintah. Barra Tobarani berada di garis depan kemudian memprakarsai terbentuknya sebuah LSM demi membebaskan penduduk dari teror yang datang silih berganti. Tapi, usaha itu sepertinya selalu menemui jalan buntu.

Lamakking pun diutus oleh pihak perkebunan untuk menghalau Barra Tobarani dan kawan-kawannya. Lamakking sebenarnya bukanlah tokoh antagonis, tapi ia punya dendam pribadi terhadap Barra Tobarani. Ia tanpaa ragu menjalankan tugasnya demi membalas rasa sakit hatinya. Ia tidak peduli jika akhirnya dirinya hanya akan jauh lebih merasa sakit hati.

Novel ini membawa kita jauh menyeberang hingga Negeri Jiran, Malaysia. Konflik demi konflik datang silih berganti mewarnai perjalanan hidup Barra Tobarani dan Lamakking. Jika Barra Tobarani sibuk memperjuangkan tanahnya, maka Lamakking tidak kalah gigih dalam memperjuangkan cintanya pada Sarifah. Lalu, di mana konflik itu akhirnya berakhir? Kapan segala huru-hara berhenti untuk selamanya?

8. Eliana (Tere-Liye)

Selamat datang di dunia yang tidak pernah kalian bayangkan. Di mana rasa ingin tahu, proses belajar, menyatu dengan kepolosan, kenakalan, hingga isengnya dunia anak-anak. Selamat datang di sebuah petualangan hebat, ketika persahabatan, pengorbanan, dan pemahaman yang baik atas kehidupan tumbuh dari wajah-wajah ceria terus melekat hingga mereka tumbuh dewasa.

Adalah Eliana, anak sulung Mamak yang pemberani, bersama tiga rekannya, membentuk geng dengan sebutan ’empat buntal’. Berempat mereka kompak, bahu-membahu melewati hari-hari seru, kejadian suka-duka, pantang menyerah. Bahkan, melawan kerakusan di kampung kecil dengan sabuk sungai, dikelilingi hutan, dan dibentengi bukit-bukit hijau. Adalah Mamak yang membesarkan anak-anak dengan disiplin tinggi, tegas, akhlak tidak tercela, serta tanpa kompromi. Dan adalah Bapak yang selalu riang, memberikan teladan dari perbuatan, serta selalu bijak menyikapi masalah.

“Jangan pernah membenci Mamak kau, Eliana. Karena kalau kau tahu sedikit saja apa yang telah seorang Ibu lakukan untukmu, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya kepada kalian “

Sekian bukunya, semoga suka + bermanfaat juga😀

Oh ya.. sebentar lagi di blog ini juga ada page khusus tentang Perpus Al-Ikhlas guna memudahkan pencarian informasi buku dan navigasi🙂 Please anticipate~🙂

Wassalamualaikum Wr Wb …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s