Apa saja makanan dan minuman bagi penghuni neraka ?

Di neraka di sediakan khusus makanan bagi para penghuninya. Makanan yang disediakan tidak seperti di dunia. Makanan di neraka pada dasarnya berupa siksaan-siksaan. Berikut adalah makanan dan minuman yang disediakan bagi para penghuni neraka :

  1. Pohon zaqqum.
    Pohon tersebut mayangnya seperti kepala setan. Pohon tersebut tumbuhnya di dasar neraka Jahim. Setiap orang yang memakannya, ususnya akan hancur dan terburai. Al-Quran juga telah menjelaskan dalam surat Ash-Shaaffaat ayat 62-68 yang artinya :
    “(Makanan surga) itukah yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum sebagai siksaan bagi orang-orang yang zhalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala setan-setan. Sesungguhnya mereka telah memakan sebagian dari buah pohon itu. Mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian, sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke Neraka Jahim” QS Ash-Shaaffaat: 62-68 
  2. Pohon dhari
    Menurut Ibnu Abbas, pohon ini memiliki duri yang sangat keras. Penghuni yang memakan buah ini, tidak bisa membuat gemuk dan tidak bisa menghilangkan rasa lapar yang di deritanya. Ini adalah buah yang menyumbat tenggorokan, tidak masuk dan tidak pula keluar. Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman yang artinya :
    “Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri”.  QS al-Ghaasyiyah : 6
  3. Ghislin
    Adalah nanah yang bercampur darah yang keluar dari tubuh penghuni neraka. Al-Quran telah menjelaskan tentang hal ini dalam surat Al-Haqqah ayat 35-37 yang artinya :
    “Maka, tiada seorang teman pun baginya pada hari ini di sini. Tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya), kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya, kecuali orang-orang yang berdosa.”
  4. ash-shadid
    yaitu air nanah yang bercampur dengan darah. Ibnu Rajab berkata, air itu akan membuat wajah menjadi hangus dan membuat seluruh kulit kepala dan rambut mengelupas. Mengenai hal ini Allah swt, berfirman :
    “Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah.”  QS Ibrahim : 16
  5. al-hamim
     yaitu air yang sangat panas yang akan disuguhkan dengan besi panas yang ujungnya di bengkokkan. Dapat dibayangkan bagaimana keadaan yang terjadi jika manusia disuguhi air yang dimaksud. Di dalam surat An-Naba’ ayat 24-25 disebutkan :
    “Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman. Selain air yang mendidih dan nanah.” QS an-Naba’ : 24-25
  6. al-ghassaq
    yaitu air yang sangat dingin. Air jenis ini adalah air yang baunya busuk. Menurut Ibnu Umar, air yang dimaksud terdiri dari nanah kental yang menjijikkan. Jika nanah yang dimaksud ditumpahkan setetes, niscaya penduduk yang berada di bumi timur akan mencium karena kedahsyatan baunya yang sungguh menyengat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s