Ada Apa dengan Neraka Jahannam ??

Jahannam adalah tingkatan neraka yang posisinya paling atas. Nama ini juga digunakan untuk seluruh nama api neraka, dimulai dari tingkatan yang paling atas hingga tingkatan yang paling rendah. Allah SWT berfirman :

“Katakanlah kepada orang-orang kafir, ‘Kamu pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan di giring ke dalam Neraka Jahannam. Itulah tempat seburuk-buruknya” QS Ali-Imran : 12

Di dalam Al-Quran, dijelaskan juga bahwa di antara calon penghuni neraka Jahannam ialah sebagai berikut :

  • Orang-orang yang durhaka, yaitu orang-orang yang senang melakukan dosa dan kejahatan
  • Para pengikut setan
  • Orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya
  • Orang-orang yang menimbun hartanya
  • Orang-orang yang membangkang ajaran para rasul
  • Orang-orang munafik
  • Orang-orang kafir
  • Orang-orang yang ingkar atas mensyukuri nikmat ALLAH SWT

Isi Neraka Jahannam :

  1. Gunung Api Shu’uda

ALLAH SWT memerintahkan orang kafir untuk mendakinya. Menurut riwayat Imam Ahmad, setiap orang kafir meletakkan tangan di atas gunung tersebut maka tangannya langsung meleleh. Ketika di angkat kembali ke bentuk semula. Dia akan memerlukan waktu 70 tahun untuk mendakinya dan 70 tahun untuk menuruninya juga.

2.   Lembah Al-Ghayy.

Lembah ini disediakan oleh ALLAH kepada mereka yang meremehkan shalat dan mengikuti syahwat. Lembah ini berisi nanah yang bercampur darah dari para penghuni neraka. ALLAH SWT berfirman dalam surat maryam yang artinya :

“Maka datanglah sesudah mereka pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya. Maka mereka kelak menemui kesesatan” QS Maryam:59

3.   Lembah Atsam

Lembah ini khusus untuk mereka yang berbuat syirik, berzina, dan membunuh jiwa tanpa hak. Dalam lembah ini berisi ular dan kalajengking. Azab di dalamnya berlipat-lipat. Lembah ini dijelaskan dalam surat Al-Furqan ayat 68 :

“Dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta ALLAH dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan ALLAH (membunuhnya), kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya).”

        4.  Lembah Maubiqa

ALLAH menyiapkan lembah ini untuk penyembah berhala. Lembah ini berisi nanah di dalam Neraka Jahannam. Hal ini terdapat dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 51-52  yang artinya:

“Aku tidak menghadirkan mereka (iblis dan anak-anaknya) untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri. Dan, tidaklah aku mengambil orang-orang yang menyesatkan itu sebagai penolong. Dan, (ingatlah) akan hari (yang ketika iitu) Dia berfirma, ‘Serulah olehmu sekalian sekutu-sekutuKu yang kamu katakan itu.’ Mereka lalu memanggilnya, tetapi sekutu-sekutu itu tidak membalas seruan mereka dan Kami adakan untuk mereka tempat kebinasaan (neraka).” QS Al-Kahfi:51-52

5.  Rumah bernama Al-Falaq.

Ibnu Najab mengatakan jika pintunya dibuka maka seluruh penduduk neraka akan menjerit karena tidak mampu menahan panasnya

6.  Penjara Bulas

Orang-orang yang menyombongkan diri akan digiring seperti semut-semut kecil berbentuk manusia. Mereka diselimuti kobaran api dan terbenam dalam keringat dan nanah bercampur darah penduduk neraka.

7.  Belenggu-Belenggu.

Didalam neraka Jahannam juga terdapat belenggu-belenggu. Antara lain :

  • Pertama, Al-Aghlal. Yaitu besi membara yang dipasang di leher penduduk neraka. Hal ini sesuai dengan isi Al-Quran dalam surat Saba’ ayat 33.
  • Kedua, Al-Ashfad.  Yaitu tali api yang sangat kuat sehingga membuat orang tak berdaya. Keterangan lebih jelas dapat kita temukan dalam surat Ibrahim ayat 49 yang artinya :

“Dan, kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat sama-sama dengan belenggu”. QS Ibrahim:49

  • Ketiga,As-Salasil, yaitu rantai besi yang panjangnya 70 hasta. Sementara untuk kategori ketiga ini dapat kita temui dalam surat Al-Haqqah ayat 32 yang artinya:

“Kemudian, belitlah dia dengan rantai yang panjangnya 70 hasta”

2 comments on “Ada Apa dengan Neraka Jahannam ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s