Zakat Fitrah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inilah program kerja yang barusan kami tuntaskan. ZAKAT !

Tidak terlalu basa – basi,

dalam progja ini bertindak sebagai ketua pelaksana akhi Caesar Gilang.

***Penarikan Zakat***

Dalam sesi penarikan zakat, Alhamdulillah panitia sudah terbagi menjadi 3 rombongan. Ada yang melakuakan penarikan ke kelas 10, ada yang kelas 11, dan kelas 12.

Walaupun begitu, ada saja sedikit masalah yang menyandung langkah kami. Mungkin, kurang adanya komunikasi. Tetapi Alhamdulillah bisa teratasi.

***Penghitungan Uang***

Dalam sesi ini mungkin cukup menarik. Beberapa kali seseorang dari panitia menghitung uang zakat, ehh minus. Kemudian seseorang panitia yang lain mencoba menghitung, dan uangnya surplus. Hal ini terus berulang – ulang. Tetapi, pada akhirnya Alhamdulillah panitia (khususnya bendahara) bisa mengatasi masalah tersebut.

***Penimbangan Beras***

Wahh, sayang sekali. Yang berperan dalam sesi ini para ikhwannya. Sehingga para akhwat tidak mengetahui bagaimana prosesnya. Tetapi pada sesi ini ada kesulitan, yaitu timbangan! Dan Alhamdulillah nya, para ikhwan mampu mengatasi masalah itu. Buktinya, beras – beras sudah tertimbang dan tertata rapi di depan musholla

***Pembagian Beras***

Wah, sangat dinantikan sekali!

Pagi – pagi kami sudah harus berada di sekolah. Harus menyiapkan tanda terima, telfon yayasan – yayasan.. Sempat kalang kabut, mungkin karena belum banyak panitia yang datang. Sampai – sampai ada kekeliruan dalam menghubungi yayasan (afwan ya…). Tetapi ALHAMDULILLAH bisa diatasi.

Kemudian, ada satu rombongan yang hendak berangkat. Yaitu mobil pickup yang dikendarai oleh “pak mat”, dan ditumpangi oleh pengurus SKI “yang ikhwan”, serta ada karung – karung beras “pastinya”. Mereka semua hendak membagikan zakat, lebih tepatnya ke yayasan – yayasan yang lokasinya cukup jauh dari sekolah kami.

Setelah mereka berangkat, kami “yang masih berada di sekolah” masih stay tune untuk menunggu pengambil zakat. Karena yayasan – yayasan yang sekiranya tidak begitu jauh dari sekolah, dianjurkan mengambil berasnya.

Selain itu kami juga menunggu para penerima zakat (ada tukang becak, petugas kuning, dll) yang sebelumnya sudah kami beri kupon. Ya, kupon! Hal ini untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan J

Pembagian zakat tidak berhenti sampai disitu. Sorenya, kami masih harus melakukan pembagian zakat. Lebih tepatnya disekitar rumah Bu Sri. Kebetulan yang mengambil andil disini ikhwan – ikhwan nya, karena akhwatnya memang sedang mempersiapkan untuk buka puasa J

ALHAMDULILLAH… pembagian zakat sudah selesai..

Sedikit saran dari Dewan Syuro,

“… Masalah distribusi dan bungkus – bungkusnya teroganisir lebih rapi. Tapi kalo waktu penarikannya aja mungkin harus lebih awal di tahun depan…”

Semoga bisa menjadi pelajaran kedepannya bagi pengurus tahun depan.

ALLAHUAKBAR !!!

[i.s.a]

By cfbella Posted in PROGJA

2 comments on “Zakat Fitrah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s