Sudah matangkah persiapan kita???

 Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sekarang sudah awal bulan Juli.. Tidak terasa ya sebentar lagi kita semua akan menghadapi bulan yang penuh berkah, yaitu bulan suci ramadhan. Subhanallah, banyak orang islam yang senang bahkan tidak sabar menanti datangnya bulan ramadhan. Ya, di bulan ini kita bisa berlomba – lomba untuk beribadah serta mendekatkan diri kepada – Nya.

Sesuai dengan perintah Allah pada surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

 Berbicara mengenai bulan ramadhan yang sudah dekat, ternyata ada yang hampir kita lupakan. Persiapan! Ya, sudahkah kita memantapkan persiapan – persiapan untuk menyambut dan menjalankan bulan suci ramadhan? Kalau begitu, mari kita intip persiapan apa saja yang sebaiknya kita persiapkan untuk menjalankan bulan yang penuh berkah, yaitu bulan suci ramadhan.

  1.  Niat

Niat adalah salahsatu persiapan yang harus kita benahi lagi. Apa tujuan kita dalam berpuasa dan apa saja yang akan kita lakukan ketika bulan Ramadhan tiba. Memang, sepertinya ini hal yang sepele. Tetapi, tidak ada salahnya kita mantapkan niat bahwa kita berpuasa dan menjalankan ibadah karena Allah semata. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760. Pesan Ka’ab bin Malik, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan lantas terbetik dalam hatinya bahwa setelah lepas dari Ramadhan akan berbuat maksiat pada Rabbnya, maka sungguh puasanya itu tertolak (tidak bernilai apa-apa).” Lathoif Al Ma’arif, 378.

       2.    Fisik

Selain niat, kita juga perlu memperhatikan kesiapan fisik kita. Untuk itu, kita bisa mempersiapkan diri dengan menjalankan puasa sunnah pada bulan Sya’ban. Sehingga, insyaallah fisik kita tidak akan kaget pada saat menjalankan puasa Ramadhan.

        3.     Materi Selain niat dan fisik, adakalanya kita mempersiapkan materi secukupnya. Seperti yang kita ketahui, pada bulan Ramadhan kita bisa berlomba – lomba untuk beribadah. Salahsatu caranya yaitu dengan bersedekah. Walaupun materi yang kita sisihkan jumlahnya tidak seberapa, namun jika kita ikhlas insyaallah kita mendapatkan berkah yang luar biasa. Disamping bersedekah, kita juga harus senantiasa menjalankan salahsatu rukun islam yaitu zakat. Ya, zakat yang selalu kita laksanakan pada akhir bulan Ramadhan yaitu zakat fitrah.

Itu dia persiapan yang mungkin sedikit kita lalaikan. Semoga kita senantiasa mendapatkan berkah yang luar biasa pada bulan Ramadhan, dan bisa dipertemukan lagi dengan Ramadhan di tahun – tahun selanjutnya. Namun, semua ini adalah kehendak Allah SWT. Wallahualam bishawab.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

(i.s.a)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s