Bus Untuk Perdamaian

         Stigma negatif bahwa Islam adalah “agama teroris”, “agama yang mengajarkan kekerasan” dan stigma-stigma lainnya, begitu mengakar, khususnya di Eropa. Suatu pandangan yang tidak adil memang, memandang satu sisi dengan mengesampingkan ajaran Damai Islam yang justru sebagai inti dari Islam.

 

Tetapi harus diakui juga bahwa pesan-pesan damai Islam itu belum secara massif tersebarkan kepada khalayak dunia. Suatu pekerjaan besar dan ekstra keras dari semua masyarakat muslim.

 

Salah satu upaya ternyata sudah dirintis oleh kelompok Islam di Inggris khususnya dengan menyebarkan pesan Damai Islam melalui bus kota.

 

Seperti terbaca di situs http://www.thisisleicestershire.co.uk :

 

“Sebuah Kelompok Muslim akan meluncurkan “Bus Perdamaian” di kota minggu ini.

 

Jamaah Muslim Ahmadiyah telah membayar untuk iklan di bus di kota-kota besar di Seluruh Inggris untuk mengkonter stigma negatif yang ditimbulkan oleh Islam ekstermis.

 

Di Leicesteershire, antara 8 sampai 10 bus penumpang Arriva akan membawa Slogan, “Love for All Hatred For none” dan “”Muslims for loyalty, freedom, equality, respect and peace”

 

Dan tertulis juga di situs http://denagis.wordpress.com bahwa Promosi pesan damai tersebut merupakan bagian dari kampanye nasional yang diluncurkan Jamaah Ahmadiyah dalam rangka untuk menegaskan kembali tentang prinsip-prinsip Islam yang damai. Setidaknya Sekitar 100 bus di London membawa pesan damai tersebut.

 

Selain itu Jamaah Muslim Inggris juga akan mengambil bagian dalam kampanye nasional dengan cara membagi-bagikan selebaran yang menjelaskan tentang prinsip-prinsip Islam sejati.

 

Selebaran tersebut menegaskan kepada masyarakat sebuah moto “Love for All Hatred for None.” dan menjelaskan mengenai kunci keyakinan di balik agama. Ini termasuk hak-hak yang sama untuk semua dan melindungi kekeramatan hidup.

 

Selebaran itu berbunyi: “Islam menekankan kesucian hidup dan tegas menolak kekerasan dan terorisme dalam bentuk apapun (termasuk pemboman bunuh diri) demi untuk alasan apapun.“

 

Kampanye ini direncakan akan berlangsung hingga enam bulan, dengan menjadikan wilayah perkotaan sebagai sasaran pertama. Ditahap awal kampanye ini, Komunitas Ahmadi mentargetkan pesannya sampai kepada 10% dari populasi penduduk kota, dan dapat mengunjungi setidaknya tiga juta rumah tangga.

 

Shahid Malik, anggota parlemen untuk wilayah Dewsbury dan Mirfield mengatakan, kampanye ini telah “mempromosikan pemahaman dan eksplorasi yang lebih luas tentang Islam pada masyarakat Inggris.“

 

Kampanye ini datang pada saat Islamofobia nampak semakin meningkat.

 

Info lebih lanjut tentang program ini bisa dilihat di situs www.loveforallhatredfornone.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s