KENALKAN, INI ISLAM :)

Sobat, pernah denger istilah “Tak Kenal maka Tak Sayang” kan? 98% atau bahkan 100% dari kalian udah pernah denger istilah ini. Di sini, akan dikenalkan sesuatu yang WOW kepada kalian semua, agar kalian pun menyayanginya.😀

Yaaa, sesuai judul yang tertera. Kita akan mengenalkan basic ISLAM pada kalian. Dua buah pertanyaan besar, yang kalau tanpa ilmu, maka nggak akan bisa djawab. Pertanyaannya adalah “Apa itu ISLAM?” dan “Mengapa harus ISLAM?” Semuanya insyaAllah akan terjawab di posting ini.

APA ITU ISLAM?

Islam adalah agama fitrah, tidak pernah bertentangan dengan fitrah dan akal manusia, selama akal itu sehat. Maksudnya adalah selama fitrah dan akal manusia masih ada dalam diri mereka, manusia akan dapat menerima Islam secara ikhlas, dapat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya tanpa ada beban dalam dirinya.

Manusia akan merasa damai dan tenang ketika mereka masih memiliki fitrah tersebut karena fitrah tersebut adalah Islam dan merupakan naluri mereka untuk menganut agama tauhid, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,”

(Ar-Ruum (30) : 30)

MENGAPA HARUS ISLAM?

 Alasan yang mendasari jawaban tersebut adalah

1. Islam berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, pencipta kita, Sang Khalik. Apakah kita mau menjadi umat yang tidak percaya kepada-Nya? Kalau kalian percaya pada Islam kalian pasti percaya kepada pencipta kalian sendiri. Kalian mengenal Islam tentulah harus mengenal Tuhan kalian, bukan?

 Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah Maka Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS. Ali Imran (03) : 19)

Sesuai dengan firman Allah di atas, harusnya sudah tak ada keraguan lagi tentang Islam yang jelas-jelas telah mendapat keridhaan dari Sang Pencipta.

2. ISLAM adalah ilmu syar’i. Karena Islam yang dibangun oleh ilmu-lah kita bisa memaknai hidup. Dalam menjalankan aktivitas kehidupan, tentulah kesemua itu memiliki ilmu atau aturannya masing-masing. Misalnya saja makan, ada ilmunya juga kan?! Harus membaca doa terlebih dahulu, mencuci tangan, harus dengan duduk, menggunakan tangan kanan, dan sebagainya.

Itulah Islam yang kita kenal, semua aspek kehidupan perlu adanya ilmu. Sehingga, bisa dikatakan bahwa ilmu adalah bagian dari Islam yang jelas-jelas sangat sulit dipisahkan. Apa artinya hidup tanpa ilmu yang menjadi dasar? Tentu semua yang kita kerjakan hanya akan berbuah kesia-sian karena dikerjakan dengan “ngawur” alias asal-asalan.

dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS. Al Isra (17) : 36)

Dari Firman Allah di atas, Islam sebagai agama, patut kita jadikan alat untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Tetapi, kita juga harus mampu memfilter ilmu-ilmu yang sekiranya benar menurut Al-Qur’an dan Al-Hadits. Jadi, ilmu yang kita dapat secara langsung, benar menurut syari’at dan bermanfaat dalam kehidupan.

3. Islam selalu mengajak pada akhlak yang baik. Pernahkah kalian membaca firman-firman Allah atau sunnah Rasulullah yang menyuruh kita pada hal-hal yang buruk? Tentu saja tidak, syariat Islam itu tidak ada dan tidak akan pernah menyesatkan bahkan malah mengajak kepada kebaikan bagi seluruh umat manusia di dunia.

Rasulullah SAW saja yang telah dijamin masuk surga saja, tidak pernah melakukan akhlak yang buruk. Sebelum Beliau menjadi nabi saja, Beliau telah mencerminkan seorang manusia yang mulia. Beliau-lah teladan dan idola sepanjang masa yang patut kita contoh keindahan akhlaknya.

jadilah Engkau Pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh. (QS. Al-A’raf (07) : 199)

Dengan selalu berakhlak yang baik, terutama kepada Allah, tentulah hidup tak akan sia-sia karena semua yang kita lakukan selalu dapat memberi manfaat pada diri kita maupun orang lain.

🙂

One comment on “KENALKAN, INI ISLAM :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s